Cerita Mahasiswa (Mahasiswa VS Covid-19)

Cerita Mahasiswa (Mahasiswa VS Covid-19)
Daftar Isi Artikel
Kuliah Online VS Tugas Online
Oleh : Derawan

Akhir - akhir ini, warga dunia dikejutkan dengan kedatangan Tamu yang tak diundang, virus corona atau covid-19 ia disebut. Dengan persentase  kematian, ODP dan PDP yang terus meningkat, membuat seluruh Perguruan Tinggi akhirnya mengeluarkan kebijakan untuk Kuliah Online (putusan rektor). Hal ini menuai banyak pro dan kontra dikalangan Mahasiswa. Ada yang senang dengan keadaan kuliah manual diganti dengan kuliah online (daring), ada juga yang prihatin dengan keadaan kuliah seperti ini.

Kekhawatiran ini muncul seketika, ketika perkuliahan (kelas online) berasa seperti tugas online (Tepatnya tugas online). Sebab banyak dari kalangan Mahasiswa mengeluh terhadap berubahnya kebijakan ini. "Setau kami, perkuliahan kita diganti dengan perkuliahan online, bukan tugas online". (Walaupun tugas bagian dari perkuliahan). Tetapi hal ini jelas mempengaruhi psikis mahasiswa. Kesulitan-kesulitan yang datang berupa tak ada jaringan, tak ada uang beli kuota, dan lain sebagainya (alasan-alasan sederhana). Benar memang, perkara kuota dan jaringan bisa kami usahakan dengan berbagai cara.

Tapi batin kami menolak ketika kami tak diberi materi, kemudian kuliah online diganti dengan tugas online. Betapa menumpuk tugas itu dengan berbagai macam tenggat waktu. Ada yang hari ini tugas diberikan, dosen meminta nanti malam dikumpulkan via email, dan laim sebagainya. Tak semua dosen memang melakukan hal demikian. Tapi, seharusnya kita faham dengan pergantian sistem belajar ini. Bahwa, kita kuliah online, bukan kuliah online digantikan dengan tugas terus menerus.

Tulisan ini bukan mengajak mahasiswa dan dosen untuk berseteru, tetapi tulisan ini mewakili seluruh perasaan Mahasiswa yang merasa demikian.

Baru saja, surat edaran dari Kemenag RI menghimbau agar perguruan tinggi segera membuat kebijakan terkait virus corona yang sudah merajalela.
Kami minta kepada Rektor agar segera mengambil kebijakan terkait hal ini.

Dan kami minta kepada seluruh Dosen, agar dapat melakukan komunikasi dengan baik kepada Mahasiswa, dan sama-sama saling mengerti dan memahami, bahwa kami, tetap ingin materi dari para dosen sebagaimana tugas dosen sebagai pengajar, dan kami mahasiswa dengan segala upaya akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk mengerjakan tugas yang dosen berikan selama itu sama-sama saling menguntungkan kedua belah pihak.


Salam dari kami, Mahasiswa!!!
@Maknakata24
Google Gayo
Oleh Google Gayo

Surat Al-Hujurat ayat 6 : يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ "Wahai orang-orang yang beriman, jika datang seorang yang fasik kepadamu membawa berita, maka tangguhkanlah (hingga kamu mengetahui kebenarannya) agar tidak menyebabkan kaum berada dalam kebodohan (kehancuran) sehingga kamu menyesal terhadap apa yang kamu lakukan".

Langganan

jangan tinggalkan link aktif di komentar

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>