Manfaat Menjadikan Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Ditengah Wabah Covid-19

Manfaat Menjadikan Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Ditengah Wabah Covid-19
Daftar Isi Artikel
Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa, bulan yang penuh rahmat. Namun, puasa kali ini berbeda dengan ramadhan sebelumnya, sekarang kita akan menjalani puasa ditengah pandemi virus corona. Maka dari itu kita mesti tetap disiplin menjaga kesehatan dan juga menjaga jarak sosial jika memang terpaksa harus keluar rumah. Nah, bagi yang belum tahu, ada beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yang bisa kamu rasakan, khususnya pada saat COVID-19 ini.

1. Puasa menurunkan hipertensi

Selama COVID-19 berlangsung, hipertensi memang penyakit yang sangat diwaspadai sebab penyakit ini bisa berakibat buruk jika kamu positif terkena virus corona. Oleh karena itu, hipertensi mesti dicegah dengan berpuasa. Saat berpuasa, tekanan darah akan semakin normal dan terhindar dari aterosklerosis, penyakit yang timbul akibat plak yang banyak pada dinding arteri, pembuluh darah yang membawa darah dari jantung. Dengan berpuasa, jantung tidak perlu memompa darah terlalu kencang sehingga tekanan darah bisa normal.

2. Puasa membersihkan racun

Tahukah kamu jika makanan yang menumpuk didalam tubuh bisa berubah jadi racun jika terlalu lama mengendap? Jika sudah begitu, racun bisa mengakibatkan kelebihan protein dan gula dalam tubuh sehingga mengakibatkan penyakit seperti penyakit hati dan ginjal. Maka dari itu, puasa bisa memberikan manfaat karena dengan berpuasa, tubuh bisa membakar lemak secara utuh sehingga bisa terhindar dari racun. Jika sudah terhindar dari racun, maka tubuh akan terhindar dari penyakit sehingga imun tetap terjaga.

3. Puasa meningkatkan imunitas

Imunitas memang faktor terpenting untuk menghindari penyakit COVID-19. Salah satu untuk meningkatkan imunitas adalah dengan berpuasa. Dengan menahan lapar dan haus selama berjam-jam, justru hal inilah yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi kalau kamu berbuka dan sahur dengan sayur atau buah-buahan, tubuh bisa lebih fit dan kuat.

Nah, itulah 3 manfaat puasa bagi kesehatan yang bisa kamu rasakan selama COVID-19 masih menyebar di Indonesia. Dengan berpuasa, justru tingkat kesehatan atau kekebalan tubuh akan sangat meningkat. Walaupun sedang COVID-19, tidak ada halangan buat kita untuk terus berpuasa. Semangat, ya!
Google Gayo
By Google Gayo

Surat Al-Hujurat ayat 6 : يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ "Wahai orang-orang yang beriman, jika datang seorang yang fasik kepadamu membawa berita, maka tangguhkanlah (hingga kamu mengetahui kebenarannya) agar tidak menyebabkan kaum berada dalam kebodohan (kehancuran) sehingga kamu menyesal terhadap apa yang kamu lakukan".

Subscribe

jangan tinggalkan link aktif di komentar

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>