Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Cara untuk Mengoptimalkan Konten Blog agar Mendapatkan Organic Traffic yang Maksimal

14 Cara untuk Mengoptimalkan Konten Blog agar Mendapatkan Organic Traffic yang Maksimal 

14 Cara untuk Mengoptimalkan Konten Blog


Apakah Anda ingin mengarahkan lebih banyak Organic traffic ke blog Anda? Siapa yang tidak ingin! Sebagai seorang blogger, Anda ingin blog Anda mendapat peringkat tinggi di Google dan muncul di hasil untuk setiap pencarian yang relevan.

Dengan algoritma yang terus berubah, optimisasi mesin pencari (SEO) bisa rumit.

Tapi bukan tidak mungkin! Tidak harus memakan waktu atau super teknis, asalkan Anda melakukan dasar-dasar untuk setiap postingan konten yang Anda tulis.

Pada artikel ini, saya mengumpulkan 14 tips optimasi cepat yang akan membantu Anda memulai, bahkan jika Anda benar-benar baru di blog SEO.

Pada akhir posting ini, Anda akan mempelajari beberapa tips yang sangat berharga sehingga Anda dapat berhenti menebak dan mulai menghabiskan waktu dan sumber daya untuk apa yang sebenarnya berfungsi.


Tips Optimasi SEO Cepat untuk Blog Anda

1.Targetkan Kata Kunci yang Tepat

Penelitian kata kunci adalah salah satu aspek terpenting dari SEO. Ini harus menjadi hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika Anda berencana untuk belajar cara memulai blog . Ini meletakkan dasar optimasi dan Anda tidak boleh salah.

DENGAN MENARGETKAN KATA KUNCI YANG TEPAT, ANDA DAPAT MEMBANTU GOOGLE MEMAHAMI TENTANG APA KONTEN ANDA.

Dengan menargetkan kata kunci yang tepat, Anda dapat membantu Google memahami tentang apa konten Anda. Ini meningkatkan kemungkinan muncul artikel Anda sebagai tanggapan terhadap pencarian.

Berikut adalah beberapa tips untuk menargetkan kata kunci yang tepat:

Fokus pada satu kata kunci per artikel : Fokus hanya pada satu kata kunci membantu Anda menargetkan artikel Anda dengan kata kunci itu.

Plugin Yoast SEO mengharuskan Anda untuk memilih kata kunci fokus saat Anda mempublikasikan konten dan kemudian memastikan bahwa Anda menggunakannya dengan tepat dalam konten itu.

Memahami maksud pengguna : Untuk berhasil dalam SEO, Anda harus memahami maksud pengguna dan kata kunci target berdasarkan itu.


Apa maksud "maksud pengguna"?

Sederhananya, ini mengacu pada apa yang dicari dan diharapkan untuk ditemukan oleh pencari ketika mereka mencari kata-kata itu di Google.

Misalnya, jika Anda menjual kaos kucing di blog Anda, Anda harus memberi peringkat untuk kata kunci seperti membeli kaos kucing, membeli kaos kucing , dll. Dengan begitu, pengguna yang mencari untuk membeli produk Anda akan cenderung lihat toko Anda.

Di sisi lain, Jika Anda seorang marketer afiliasi, Anda dapat fokus pada kata kunci seperti kaos kucing terbaik, membandingkan kaos kucing, dll.

Untuk membaca lebih lanjut tentang penelitian kata kunci dan niat pengguna, lihat panduan ini tentang memilih kata kunci yang tepat untuk SEO .


2.Fokus Pada Kata Kunci Sulit yang Rendah

Kata kunci yang sulit adalah metrik penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih kata kunci untuk konten blog Anda. Semakin tinggi tingkat kesulitan kata kunci, semakin ketat kompetisi dan semakin sulit untuk peringkat.

Saat memilih kata kunci, aturan umum adalah untuk menemukan orang-orang yang memiliki volume lalu lintas yang layak dengan persaingan rendah .

Untuk menemukan kesulitan kata kunci, Anda dapat menggunakan alat gratis, seperti Alat Kata Kunci AdWords atau alat premium, seperti Ahrefs .

Untuk riset kata kunci, saya lebih suka Ahrefs karena menunjukkan kepada saya buah yang mudah digantung di antara gagasan kata kunci saya yang mudah diperingkat. Ini juga memberikan wawasan tentang perkiraan jumlah klik untuk kata kunci.

Ahrefs memberi setiap kata kunci skor kesulitan pada skala 1 hingga 100.

Misalnya, Ahrefs memberi tahu saya bahwa tingkat kesulitan kata kunci (KD) adalah 77 untuk pembuatan tautan kata kunci, yang merupakan peringkat kata kunci yang cukup kompetitif. Tetapi jika Anda mengklik pada tab pertanyaan Anda akan mendapatkan daftar kata kunci KD rendah.

Misalnya, alat pembuat tautan terbaik kata kunci memiliki KD 30, yang relatif mudah untuk diperingkat.

3. Fokus Pada Kata Kunci Long Tail 

Kata kunci Long Tail adalah tiga atau empat frase kata kunci yang sangat spesifik untuk apa yang Anda jual. Mereka umumnya mudah peringkat karena persaingan yang rendah.

Kapan pun pembaca blog potensial Anda menggunakan frasa pencarian yang sangat spesifik di Google, mereka cenderung tahu persis apa yang mereka cari. Dan jika Anda dapat membuat konten yang cocok dengan maksud pencarian itu, Anda pasti akan mendapat peringkat tinggi!

Anda perlu menggunakan kata kunci ini di tempat yang tepat di konten Anda, misalnya, dalam judul, deskripsi, dan subpos konten Anda.

Anda dapat menggunakan Ahrefs untuk menemukan kata kunci Long Tail  potensial. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kata kunci Anda dan kemudian di panel kiri, klik Pertanyaan. Ini akan memberi Anda daftar pertanyaan / kata kunci Long Tail  yang sedang dicari terkait dengan kata kunci Anda.


Metode lainnya adalah mencari pertanyaan terkait tentang Quora yang berada di peringkat 3 teratas di Google.

Jika ada utas Quora yang diberi peringkat di Google itu berarti kata kunci memiliki persaingan yang rendah dan mudah untuk diperingkat.

Untuk menemukan utas ini, buka Ahrefs, Penjelajah Situs »Masukkan Quora.com» Kata kunci organik »Saring berdasarkan kata kunci yang terkait dengan niche Anda» Saring berdasarkan posisi 3 dan di bawah »Urutkan berdasarkan volume.

Anda akan menemukan daftar kata kunci yang berada di peringkat 3 teratas Google. Yang harus Anda lakukan adalah membahas topik ini dan melihat lalu lintas masuk.

Sekarang Anda memiliki daftar kata kunci yang dapat Anda targetkan, mari beralih ke bagian optimasi halaman. Di sinilah Anda akan menggunakan kata kunci yang menurut Anda baik.

4.Gunakan Kata Kunci Anda di Judul dan Subpos

Ada beberapa korelasi antara kata kunci dalam tag judul dan peringkat Google.

Selain itu, saya sarankan Anda menggunakan kata kunci utama Anda dan variasi yang berbeda dalam tag tajuk konten Anda juga.

Tapi jangan masukkan kata kunci Anda dalam upaya memanipulasi peringkat situs Anda karena itu bisa berdampak negatif.

5.Tulis Judul yang Menarik dan Deskripsi Meta.

Tahukah Anda bahwa rasio klik-tayang (RKT) untuk halaman Anda di hasil pencarian juga merupakan faktor peringkat di Google? Misalnya, jika konten Anda tercantum di posisi ketiga untuk kata kunci dan Anda berhasil menerima lebih banyak klik daripada yang pertama, Anda akhirnya akan naik ke yang kedua atau pertama!

Untuk menerima RKT tinggi dan memastikan Anda tetap di posisi teratas, Anda harus menulis judul dan deskripsi yang menarik perhatian pencari dan membujuk mereka untuk mengklik.

Ingatlah bahwa untuk judul, Anda hanya memiliki 55 karakter, jadi Anda harus memikirkannya sebelum menulisnya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ingat saat menulis judul SEO dan deskripsi meta untuk posting Anda.

Jangan biarkan judul dan uraian Anda terpotong di Google. Anda ingin pencari mendapatkan ide lengkap tentang konten Anda.

Tambahkan kata kunci Anda di judul dan deskripsi.

Jangan pernah masukkan kata kunci - pastikan tulisan Anda terdengar alami.

Anda dapat dengan mudah menambahkan deskripsi dan judul Meta jika Anda telah menginstal Yoast di WordPress Anda.


6.Buat Blog Anda Responsive

Google menggunakan pengindeksan mobile-first . Itu artinya terlihat di situs seluler Anda untuk menentukan cara menentukan peringkatnya di hasil pencarian, bahkan jika pencarian ada di desktop.

Itu artinya penting bahwa situs Anda berfungsi dengan baik di perangkat seluler, meskipun sebagian besar lalu lintas Anda ada di desktop.

Untuk memastikan ini, Anda harus memilih tema WordPress atau Blogspot yang Responsive.

Ada banyak tema Responsive WordPress atau Blogspot yang tersedia di pasaran. Anda dapat memilih satu yang Anda suka dan menginstalnya di blog Anda.

7. Optimalkan untuk Cuplikan Unggulan

Jika Anda ingin mendapatkan yang terbaik dari konten Anda, maka pintar untuk mengoptimalkan blog Anda muncul di cuplikan unggulan.

Cuplikan yang diperlihatkan ditampilkan sebelum posisi pertama, biasanya dalam kotak dengan gambar, video atau tabel. Mereka menonjol dalam hasil pencarian yang membantu Anda mendapatkan lebih banyak klik.


Ada 4 jenis cuplikan fitur yang akan Anda temui:


Gugus kalimat

Daftar Isi (bernomor dan berpoin)

Tabel

Video

Optimalkan konten Anda untuk cuplikan unggulan dan Anda akan dapat mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke blog Anda.


8. Optimalkan Gambar Anda untuk Mendorong Lebih Banyak Organic Traffic 

Inilah rahasia yang tidak diketahui sebagian besar blogger: Pencarian Gambar Google dapat mengirim banyak lalu lintas ke blog Anda jika Anda mengoptimalkan gambar dengan benar!

Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan teks alternatif ke gambar Anda. Untuk melakukan ini, klik pada gambar Anda dan tentukan teks alternatif seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Tambahkan deskripsi yang sesuai di kotak Teks Alternatif sehingga Google dapat mengenali semua gambar itu dan membantu pembaca potensial Anda menemukannya ketika mereka melakukan pencarian gambar Google.

Selain memiliki teks alt yang sesuai, pastikan gambar Anda dimuat dengan cepat. Anda dapat memastikan ini dengan menggunakan plugin WordPress yang disebut ShortPixel . Ini akan memampatkan gambar Anda dan membuatnya memuat lebih cepat.


9. Pastikan Anda Memiliki URL yang User-Friendly

Untuk memastikan bahwa Anda memiliki URL yang mudah digunakan, Anda perlu memastikan URL Anda pendek dan deskriptif.

Jika Anda memulai, pastikan untuk mengubah struktur permalink default, sehingga URL Anda terlihat lebih pendek dan cantik.

Jangan pernah gunakan URL yang memiliki karakter atau tanggal khusus di URL Anda. Mereka membuatnya terlalu panjang dan jelek.


10. Tingkatkan Kecepatan Situs Anda

Kecepatan memuat halaman adalah faktor peringkat, yang berarti bahwa jika Anda ingin mengungguli pesaing Anda, Anda harus membuat halaman memuat lebih cepat.

Sekalipun kecepatan memuat Halaman bukan merupakan faktor peringkat, tetap penting jika Anda serius memberikan kualitas terbaik kepada pembaca Anda.

Untuk mengoptimalkan kecepatan halaman Anda, Anda harus pergi ke Google Pagespeed Insights dan masukkan URL Anda.

Bacalah rekomendasi dan terapkan saran Google. Ini akan membantu Anda meningkatkan kecepatan halaman situs web Anda secara signifikan.

Anda juga dapat menginstal plugin caching di WordPress Anda untuk meningkatkan kecepatan halaman Anda. Kami menggunakan dan merekomendasikan WPRocket , salah satu plugin caching terbaik yang tersedia.

Sekarang Anda memiliki kumpulan kata kunci yang tepat dan halaman yang dioptimalkan untuk hasil terbaik, mari kita lihat beberapa tips SEO teknis.

SEO teknis dilakukan ketika Anda ingin memastikan bahwa blog Anda diatur untuk sukses.

Jangan khawatir, Anda tidak perlu menjadi pembuat kode untuk melakukan SEO teknis! Anda hanya perlu mengawasi kesalahan dan memastikan semuanya berjalan lancar.


11. Buat Hierarki Konten yang Tepat

Yang saya maksud dengan hierarki konten yang tepat adalah bahwa Anda perlu membuat konten dengan cara yang mudah bagi pengunjung untuk bernavigasi, dan menunjukkan kepada Google kepentingan relatif dari setiap halaman.

Pastikan setiap halaman di situs Anda hanya beberapa klik saja dari halaman utama Anda, terutama halaman-halaman penting Anda. seperti halaman arahan, konten pilar, dll.

Gunakan tajuk dan bilah sisi untuk menautkan ke halaman penting Anda.

12.Pasang Sertifikat SSL di Situs Anda

Saya sangat menyarankan Anda pindah ke SSL segera setelah Anda meluncurkan blog Anda. Pindah ke SSL akan membuat situs Anda dapat diakses melalui HTTPs. Bahkan, Google juga lebih suka situs dengan SSL daripada yang tidak.

Jika situs Anda tidak memiliki SSL yang diinstal, maka situs web peringatan yang tidak aman akan ditampilkan di sebelah kiri bilah pencarian di browser Anda. 

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang cara mendapatkan SSL di situs Anda dalam panduan kami.


13.Kirimkan Peta Situs ke Google Search Console

Mengirimkan sitemap membantu Google memahami struktur blog Anda, dan juga membantu Google merayapi semua halaman Anda.

Google pada akhirnya akan menemukan situs apa pun yang ditautkan dari situs lain di seluruh web. Tetapi mengirimkan sitemap dapat membantu membuat peringkat situs Anda lebih cepat.

Jika Anda menggunakan plugin Yoast, itu akan menghasilkan file sitemap untuk Anda. Anda dapat mengikuti panduan ini untuk mengirimkan peta situs Anda ke Google .

14. Hapus Konten Pendek

Konten tipis diklasifikasikan sebagai bagian konten yang memiliki 300 kata atau kurang. Jenis konten ini menawarkan sedikit atau tidak ada nilainya dan Google cenderung lebih menyukai konten yang lebih lama.

Untuk memperbaikinya, tambahkan konten atau hapus konten.


Kesimpulan

Kami harap Anda menemukan panduan SEO kami bermanfaat. Sekarang saatnya bagi Anda untuk menerapkan ini sebaik mungkin sesuai kemampuan Anda.

Ingatlah bahwa menerapkan tip-tip ini tidak akan membawa Anda ke posisi pertama dalam semalam. Ketika datang ke SEO Anda harus bersabar. Pastikan Anda mencatat setiap perubahan yang Anda lakukan dan mengukur kinerja strategi SEO Anda. 

Banyak hal berubah dalam SEO, tetapi selama Anda mengikuti dasar-dasarnya, Anda masih bisa mendapatkan hasil!

Nah, itu semua kebijaksanaan SEO yang harus kita bagikan untuk saat ini. Jika Anda ingin panduan yang lebih mendalam, lihat panduan SEO utama kami untuk pemula selanjutnya.

Jika Anda memiliki tips SEO yang Anda pikir kami lewatkan, maka berteriaklah di bagian komentar di bawah ini.


(Admin)