Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seperti Apa Contoh Konten yang Baik dan Berkualitas Itu?

Seperti Apa Contoh Konten yang Baik dan Berkualitas Itu?


Seperti Apa Contoh Konten yang Baik dan Berkualitas Itu


Seperti Apa Contoh Konten yang Baik dan Berkualitas Itu? - Sebagai seorang blogger tentunya dituntut untuk selalu update konten agar tetap eksis, tentunya konten dalam hal ini artikel harus mempunyai nilai untuk pengunjung. Maka dari itu perlu untuk membuat artikel yang baik dan berkualitas.

Seperti apa konten yang baik dan berkualitas itu? 

Apakah konten berkualitas itu harus memenuhi kaidah SEO? Tidak juga. Membuat konten berkualitas tidak semata-mata fokus pada kata kunci tetapi konten keseluruhan. Tetapi kata kunci membantu konten Kita untuk memberi tahu search engine apa yang Kita buat sehingga dapat ditemukan.

Simak artikel ini agar Kamu memahami, paling tidak tahu contoh konten yang mempunyai standar kualitas tinggi.

Ini dia beberapa hal yang perlu digarisbawahi penentu kualitas konten di sebuah blog yang juga menjadi penyebab sebuah blog menjadi berkualitas:

  • Membuat konten yang komprehensif, artinya mengandung informasi yang luas dan lengkap. Jangan salah, komprehensif tidak mesti panjang.
  • Ditujukan kepada pembaca tertarget, artinya memang mereka benar-benar membutuhkan artikel yang Kamu buat.
  • Konten dibuat untuk menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan oleh pembaca, artinya masalah yang ada terselesaikan setelah membaca artikel tersebut.
  • Konten yang dibuat diusahakan merupakan satu niche (satu topik), artinya pembaca akan mudah mengetahui jika blog Kamu membahas satu lingkup topik yang mendalam, ini akan membuat pembaca datang kembali.
  • Konten mempunyai manfaat bagi orang lain, artinya orang tesebut mendapatkan impact positif.
  • Memiliki unsur pendukung seperti grafik, desain visual, dan lainnya karena pembaca cenderung lebih tertarik melihat sebuah gambar visual dari pada tulisan.
  • Isi konten update dalam waktu tertentu mengikuti perkembangan zaman sehingga konten tetap fresh.
  • Memiliki nilai rating dan share yang cukup tinggi, karena dirasa bermanfaat dan orang lain juga membutuhkannya.

Jika Kamu pernah membaca artikel PanduanIM mengenai "Tahap Menulis Artikel yang Baik untuk Website agar Mendapatkan Peringkat Satu Google", disitu dijelaskan bahwa Kita harus melupakan SEO friendly (yang dianggapnya jadul) untuk membuat konten yang menarik untuk dibaca (Human firendly).

Sayangnya Saya tidak setuju sepenuhnya, memang beberapa teknik SEO dalam konteks ini Seo On Page sudah ketinggalan jaman. Tetapi beberapa cara teknik SEO cukup efektif untuk meningkatkan peringkat di halaman google. Maka beberapa teknik dapat menjadikan artikel SEO Friendly.

Terlebih lagi setelah adanya algoritma google Hummingbird, membuat trend SEO menjadi berubah. SEO tidak hanya bicara mengenai penargetan kata kunci umum secara berulang. Ini soal konten keseluruhan dan kata kunci turunan.

Orang akan lebih mencari kata kunci yang tertarget seperti "Menteri Pendidikan kabinet Jokowi" ketimbang "Menteri Pendidikan". Karena orang cenderung ingin langsung mendapatkan jawaban yang mereka cari.

Maka yang perlu Kita lakukan adalah menyesuaikan algoritma google yang ada.

Oleh karena itu diperlukan juga trial and error dalam SEO.


Contoh konten baik dan berkualitas


Berikut Saya ambilkan contoh konten blog yang menurut Saya berkualitas dari beberapa kategori, sehingga Kamu dapat memiliki gambaran, oh ini to artikel yang bagus. Jadi Kamu bisa mengikuti cara penulisan artikel atau metodenya untuk diterapkan dalam artikelmu.

1. Konten resep masakan.

Saya ambil contoh artikel "Resep Nasi Goreng Kampung" dari Blueband yang menurut Saya berkualitas dari artikel lain yang sejenisnya.

  • Dari segi judul cukup menarik dan memiliki keunikan, karena embel-embel "istimewa dari Blueband dan juga "Kampung" yang menarik pembaca.
  • Menjelaskan bahan-bahan yang digunakan secara detail.
  • Langkah yang diberikan cukup jelas dan sederhana.
  • Unsur gambar visual yang relevan, dalam artikel ini menjelaskan bahwa nasi goreng ini terdapat bahan bakso, gambar yang digunakan juga merupakan nasi goreng dengan toping bakso.
  • Adanya informasi nilai gizi per porsi, dalam artikel lain Saya tidak melihat ada yang menyelipkan info ini. Padahal ini cukup penting.

2. Konten membuat blog

Saya ambil contoh artikel dari blog PanduanIM tentang "Langkah Sukses Membuat Blog" karena cukup komprehensif.

  • Susunan artikel yang baik mulai dari pendahuluan, isi, dan penutup.
  • Metode penulisan artikel cukup menarik dan tidak membosankan karena menggunakan teknik penulisan "Bukit Bakau". (Istilah ini Saya ambil dari pakar SEO malaysia, Wanyusuf)
  • Artikel dibuat menggunakan studi kasus dan riset sehingga pembaca dapat memahami konteks lewat pengalaman penulis.
  • Menggunakan visualisasi gambar dan video sebagai penunjang

Inti dari kontenberkualitas tinggi adalah....

1. Membuat artikel yang baik dan kompehensif

2. Menerapkan kaidah seo yang tepat


Jangan hanya mengandalkan seo saja yang mengulang dan memutar kata kunci utama dan turunan saja, tetapi tidak memiliki nilai dan membingungkan orang yang membacanya

Buatlah konten yang mudah dan menarik untuk dibaca.

Dua hal ini tidak terpisahkan, ketika semua itu terpenuhi maka Google juga akan memberikan respon s positif.

Konten yang komprehensif dianggap dapat menjawab pertanyaan pembaca, dan menggunakan kaidah seo merupakan langkah mengikuti algoritma google.

Maka jadilah konten yang berkualitas SEO.

Menulis konten berkualitas memang membutuhkan latihan, terus menulis dan kenali tulisanmu sendiri. Apa yang kurang dan lebih dari artikel yang Kamu tulis.

Kamu bisa melihat contoh artikel seo dan sejenisnya dari web orang lain, amati metode penulisan, gaya bahasanya, susunan artikel, dan lain-lain. Apa yang membuat artikel tersebut menarik.

Demikian artikel mengenai contoh konten yang baik dan berkualitas. Apabila ada saran, kritik dan komentar Kamu bisa menyampaikannya di kolom komentar di bagian bawah artikel ini.


(Admin)