Seberapa Pentingnya Dan Jauh Pemanfaatan Teknologi Dalam Pertanian

Seberapa Pentingnya Dan Jauh Pemanfaatan Teknologi Dalam Pertanian
Daftar Isi Artikel

Googlegayo - Di Indonesia, Sektor pertanian tidak bisa dilepaskan karena Indonesia merupakan salah satu negara agraris. Oleh karena itu sektor pertanian mempuyai peranan yang amat penting dalam memajukan perekonomian masyarakat meskipun saat ini Indonesia sedang bergerak menuju negara perindustrian, sektor pertanian masih memegang perekonomian Indonesia. 
Akan tetapi keadaan pertanian Indonesia saat ini bisa dikatakan kurang baik. Sektor pertanian Indonesia tidak pernah lepas dari permasalahan yang selalu membuat petani kesulitan, Salah satu faktor permasalah pertanian di Indonesia adalah pemanfaatan teknologi yang saat ini dihadapkan pada kondisi perubahan iklim global yang sulit dikontrol.

Seperti halnya perkembangan teknologi maupun komunikasi yang ada saat ini, perkebangan teknologi dalam bidang pertanian pun tidak kalah canggih Saat ini, banyak penemuan-penemuan yang dianggap akan meningkatkan kualitas pertanian di Indonesia. 

Teknologi banyak dikembangkan di pertanian khususnya pada tanaman hortikultura dalam skala besar. Dengan pemanfaatan teknologi diharapkan pengolahan pertanian dapat meningkatkan produk pertanian yang lebih baik dari segi kualitas dan kuantitas, mengurangi penggunaan pupuk kimia yang berlebihan, penggunaan pestisida dan bahan kimia lainnya dapat lebih terarah dan efisien, sehingga mengurangi dampak negatif bagi lingkungan.

Dengan penggunaan alat-alat pertanian modern ini diharapkan pengolahan pertanian dari awal hingga pemanenan dapat meningkatkan produk pertanian yang lebih baik dari segi kualitas dan kuantitas, mampu meningkatkan penyimpanan karbon di tanah karena kurangnya membajak, menciptakan tanaman yang menggunakan nitrogen lebih efisien, mengurangi penggunaan pupuk kimia yang berlebihan

Dapat disimpulkan dengan adanya teknologi pada sektor pertanian diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil pertanian, serta memudahkan bagi para pengelola pertanian untuk mendapatkan hasil yang optimal.

jangan tinggalkan link aktif di komentar

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>